Posted by : Muhammad Hamzah Kamis, 04 April 2013

Pagii....... Huffttth hari yang melelahkan u,u silahkan dibaca, semoga bermanfaat ^_^


Untuk mengakses Internet, dibutuhkan sebuah aplikasi browser. Kalian tau gak sih apa itu aplikasi browser? Aplikasi browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses Internet. Contoh Browser yang populer sekarang ini adalah sebagai berikut :
1. Internet Explorer
2. Mozilla Firefox
3. Opera
4. Google Chrome
5. Safari Browser 

Mari kita simak satu-satu penjelasan singkat berikut.

1. Internet Explorer
Internet Explorer merupakan Browser bawaan dari OS Windows yang telah banyak digunakan oleh para pengakses internet. Pada 2008, diperkirakan 75% pengguna internet menggunakan Aplikasi Browser yang satu ini.
Kelebihan dari Internet Explorer antara lain:

  •  Tidak memerlukan memori computer yang terlalu besar.
  • Sudah terinstal secara otomatis pada operasi Windows, jadi tak perlu mendownload lagi.
  • Sudah terintegrasi dengan Microsoft Outlook/Outlook Express.

Kekurangan Internet Explorer: 
·      Ukuran aplikasinya besar.
·      Fitur-fiturnya relatif sedikit.
·      Kecepatannya lebih lambat daripada Mozilla Firefox.

2. Mozilla Firefox

Browser yang satu ini merupakan browser gratis yang dikembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan sukarelawan dan donatur. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan Mozilla Firefox.
Kelebihan Mozilla Firefox :

  • Ukuran aplikasinya relatif kecil
  • Mendukung berbagai jenis shortcut
  • Fiturnya lebih banyak dari Internet Explorer

Kekurangan Mozilla Firefox : 

  • Tidak terintegrasi dengan Microsoft Outlook atau Outlook Express
  • Memakan banyak memori komputer, jadi sering crash
  • Harus diinstal terlebih dahulu


3. Opera
Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia, Berikut Kelebihan dan kekurangan Opera Browser
Kelebihan: Opera Browser merupakan aplikasi browser yang cukup ringan, sehingga tidak memakan memori hardisk yang cukup besar pada notebook atau PC. Memiliki email client dan rss sendiri sehingga tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook dan sebagainya. Memiliki Opera Turbo yang bisa diaktifkan ketika koneksi sedang lambat sehingga proses loading page bisa lebih cepat. Pemanggilan kembali Cache lebih cepat. 
Kekurangan: Opera Browser biasanya sedikit lambat dalam membaca scriptpada beberapa halaman situs. Sama seperti Firefox, meng-update Operas Browser artinya harus men-download kembali masternya.

4. Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium Berikut kekurangan dan kelebihan Google Chrome :
Kelebihan : Chrome saat ini memiliki reputasi yang cukup kuat untuk menyaingi Firefox di dalam dunia web browser. Browser Chrome ini bisa dikatakan sebagai browser yang ringan, gesit, termasuk saat start awal dan melakukan perpindahan tab. Chrome otomatis akan mem-bookmark semua situs yang pernah dibuka atau sering dikunjungi. Browser adrress dari Chrome juga bertindak sebagai search engine sehingga lebih praktis. Desainnya cukup simpel dengan sistem keamanan yang sangat kuat (paling tahan terhadap serangan hacker). Update Chrome juga mudah. 
Kekurangan : Tapi sayangnya Google Chrome yang tersedia saat ini masih dalam versi Beta. Chrome juga terkesan kurang dinamis karena fiturnya tidak banyak. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa Chrome masih banyak security hole-nya sehingga tidak disarankan untuk transaksi keuangan. Makin banyak tab dibuka maka makin banyak pula memori yang dibutuhkan saat browsing. 


5. Safari Web Browser

Safari adalah sebuah peramban web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan peramban web bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai peramban web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco. Kelemahan dan kelebihan Safari Web browser adalah sebagai berikut :
Kelebihan :
1. Fitur terbaru yang menarik adalah penerapan Nitro Engine.
2. Safari dilengkapi dengan Cover Flow yang membuat tampilan bookmark dan history browser lebih nyaman.
3. Safari juga mendukung format modern web berbasis html 5 yang dapat mengumpulkan web-web favorit yang sering dibuka oleh pengguna dalam bentuk thumbnail, mirip dengan yang dimiliki oleh Opera.

Kekurangan :
1. Tampak aneh sebagai aplikasi Windows, jika anda pertama kali menggunakannya.
2. Tak ada fitur restore kalau Safari hang.
3. Adanya bug pada Safari telah diungkapkan pada bulan Mei lalu oleh peneliti keamanan, Nitesh Dhanjani. Bug pada Safari dapat berakibat attacker mampu untuk membuang desktop korban dengan eksekusi file executable (.exe), sebuah penyerangan yang dikenal dengan nama Carpet Bombing .
 Layanan Internet
     Internet menghubungkan kita dengan dunia melalui komputer. Kamu dapat mengakses informasi yang ada di internet dan kamu pun dapat diakses oleh seluruh komunitas di internet.
Fasilitas-fasilitas yang ada di internet adalah sebagai berikut:
·      E-MAIL
·      Mailling List
·      Chatting
·      File transfer protokol (FTP)
·      Telnet
·      Teleconference (Konferensi jarak jauh)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Blogger news

About Me

Foto saya
Belum aktif blogging, (belum) jadi maklum posting bener-bener dikit dan ga niat.. hhehe

Copyright © Nobody knows -Black Rock Shooter- Powered by Blogger